Ayo nge-Blog

Cara gampang memulai bisnis online. Kalau bingung bagaimana cara memiliki dan menjalankan sebuah website sebagai sarana menjalankan usaha maka blogspot-lah jawabannya. Artikel ini tentunya bukan untuk para blogger yang sudah eksis dan expert ya. Tulisan ini lebih ditujukan untuk para pemula yang baru mulai mengenal dunia internet, start up dan UMKM yang ingin memulai dan mengembangkan usahanya melalui jalur online selain media sosial.

Bukan tanpa alasan bila pipiplan lebih memilih platform blogspot sebagai basis utama dalam mengembangkan usaha. Alasan yang paling mendasar adalah bahwa blogspot itu mudah dan murah, bahkan gratis dari biaya hosting. Google sebagai pemilik blogspot telah menyediakan fitur yang lengkap yang cukup memuaskan dalam hal performa di beberapa aspek. Terutama berkaitan dengan SEO yang pasti seorang newbie sangat awam dengan istilah ini. Tentu google juga sebagai salah satu penyedia SEO telah mempersiapkan segala sesuatunya di blogspot agar sinkron dengan mesin pencariannya itu.

Sebagai start up dan UMKM, pertimbangan modal awal menjadi hal yang mutlak dipikirkan. Dalam era milenial ini hampir semua usaha pemula dan bisnis kecil ingin menggunakan jalur online sebagai salah satu strategi marketingnya. Karena memang metode online menjanjikan sangat banyak keuntungan. Umumnya usaha online dianggap profesional bila memiliki toko virtual, entah itu website atau dalam bentuk aplikasi. Namun tidak semua pemula memiliki kemampuan untuk membuat dan mengelola kedua bentuk toko tersebut. Apabila memesan pembuatannya ke pihak penyedia layananpun maka mulai dibenturkan dengan biaya. Padahal belum memasuki tahapan promosi yang memiliki tantangan tersendiri. Dan belum tentu apa yang sedang diusahakan tersebut dapat segera menuai hasil.

Pipiplan mencoba memberikan sumbang sih wawasan dan edukasi. Apa yang dilakukan pipiplan di blogspot adalah suatu usaha yang benar-benar dimulai dari nol dan mencari cara bagaimana menekan budget seminimal mungkin. Pengalaman penulis yang merupakan founder dari pipiplan yang menjadi blogger sejak tahun 2012 silam, juga sebagai web dan app designer cukup bisa dijadikan bahan sharing kepada pembaca semua. Walaupun passion untuk belajar masih terus berkobar.

Yang terpenting dari penggunaan media blogspot adalah mentaati seluruh aturan yang diberlakukan google. Aturan-aturan yang diterapkan tersebut apabila dilanggar dapat menyebabkan situs blog yang telah terbit dibanned (dihapus). Hal ini juga yang menjadikan blogspot berbeda dengan platform lainnya yang identik dengan situs yang "bebas" dikontrol ownernya sendiri. Namun jangan khawatir, harus dipahami bahwa google membuat hal demikian dengan tujuan untuk melindungi para pengunjung dan pembaca blog yang merupakan calon pelanggan kita agar tidak tersesat dan terbohongi konten yang tidak benar. Hal ini berarti jika pengguna blogspot mentaati aturan main maka situs blog yang dimiliki menjadi tergolong situs yang terverifikasi memiliki kelas dan terbebas dari predikat web spam. Dan ini penting bagi usaha yang sedang tumbuh memiliki "trust level" terhadap konsumen.

Pipiplan bertekad menggandeng, membimbing dan mendampingi start up dan UMKM dalam menghadapi dua tantangan marketing di atas sekaligus, yaitu memanfaatkan media blogspot sebagai toko virtual dan tahapan berpromosi melalui program periklanan pipiplan yang secara revolusioner merubah beban promosi menjadi inkam.

Silakan eksplor fitur periklanan pipiplan. Pilih program iklan premium VIP atau Eksklusif. Kami akan memberikan jasa pembuatan situs blog gratis dengan konten tampilan awal usaha atau produk Anda sebagai awalnya. Langkah selanjutnya kami akan memberikan tutorial gratis juga selama Anda tergabung dalam forum komunitas untuk mengupdate dan mengembangkan situs blog Anda.

penulis,
EB Wahyuno


"Beranda"



Baca lagi tentang seputar blogspot di sini.


© smart media 2019

Komentar